Pernik Dunia Buku
 

Hukum Islam & Dinamika Perkembangan Masyarakat

Merek: Kaukaba
Kode Produk: Referensi
Point Reward: 0
Ketersediaan: Tersedia
Harga: Rp30.000 Rp22.500

100 atau lebih Rp22.500
Jml:  Beli
   - ATAU -   

 

Hukum Islam & Dinamika Perkembangan Masyarakat
Penulis: Dr. Pujiono
Penerbit: STAIN Jember Press – Kaukaba, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, November 2011
Tebal: 288 halaman
ISBN: 978-602-8716-23-9
 
Buku ini membahas tentang kajian sosiologis terhadap hukum Islam yang menganalisis keputusan-keputusan bahtsul masail bidang ekonomi dalam kaitannya dengan perilaku ekonomi warga NU Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua permasalahan pokok, yaitu: pertama, bagaimana produk-produk bahtsul masail bidang ekonomi di NU?, kedua, apakah produk-produk bahtsul masail bidang ekonomi menjadi landasan konseptual bagi warga NU Kabupaten Pasuruan dalam melangsungkan aktivitas ekonomi?
 
Penelitian ini penting sekali dilakukan, guna menambah pustaka dalam kajian sosiologis terhadap hukum Islam yang tidak memandang hukum Islam dalam bentuk teks normatif, melainkan lebih memandang hukum sebagai agent of social change dan social control yang terkait erat dengan praktek hukum dalam kehidupan sosial/ masyarakat. Kajian semacam ini perlu terus digalakkan agar tidak terjadi sebutan dualisme hukum dalam Islam, dimana tidak lagi terjadi sinergi antara hukum normatif yang tertulis dalam kitab-kitab hukum atau hukum normatif yang terucap secara verbal melalui para ahli hukum dengan kenyataan praktek hukum yang terjadi secara empiris di masyarakat. Selain itu, hal ini juga sekaligus mengingatkan bahwa dalam menetapkan sebuah keputusan hukum Islam seorang ahli hukum tidak boleh hanya memperhatikan kajian teks dan penalaran akal semata, tetapi lebih dari itu juga menjadikan praktek hukum di masyarakat sebagai konsiderannya.
 
Dengan melalui pendekatan sosiologi hukum, penelitian ini memotret penerapan hasil-hasil bahtsul masail bidang ekonomi di kalangan warga NU kabupaten Pasuruan. Dalam bidang ibadah, mereka memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi terhadap hasil-hasil keputusan bahtsul masail. Namun, dalam bidang transaksi ekonomi, mereka tidak semuanya menjadikan hasil-hasil bahtsul masail bidang ekonomi sebagai landasan konseptual dalam melangsungkan aktivitas atau kegiatan transaksi ekonomi. Diantara mereka ada yang patuh, ada yang kurang patuh dan bahkan ada yang sama sekali tidak patuh terhadap hasil bahtsul masail bidang ekonomi. Ketidakpatuhan ini tidak berarti mengurangi rasa hormat terhadap hasil karya para ulama, tetapi lebih disebabkan oleh tuntunan dan kebutuhan riil dalam mengarungi kehidupan.
 

Tulis review

Nama Anda:


Review Anda: Note: HTML tidak diterjemahkan!

Rating: Jelek            Bagus

Masukkan kode verifikasi berikut:



Taman Litera © 2018 | Designed By Hekimabi