Pernik Dunia Buku
 

Fiqh Keluarga Lintas Agama

Merek: Kaukaba
Kode Produk: Fikih
Point Reward: 0
Ketersediaan: Tersedia
Harga: Rp45.000 Rp38.250
Jml:  Beli
   - ATAU -   

Judul: Fiqh Keluarga Lintas Agama (Panduan Multidimensi Mereguk Kebahagiaan Sejati)

Penulis: Mohammad Monib & Ahmad Nurcholish
Pengantar: Prof. Dr. Siti Musdah Mulia
Penerbit: Kaukaba, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, Agustus 2013
Tebal: xxii + 254 hlm
ISBN: 978-602-1508-10-7

 

Buku ini merupakan percobaan berani untuk member jalan keluar dari kebuntuan lorong gelap pernikahan antaragama. Suatu pembongkaran kreatif yang bisa menuai kontroversi, namun patut untuk merangsang pertukaran pikiran demi menyelesaikan problem kemanusiaan. (Dr. Yudi Latif)
***
Berbeda dengan buku lain tentang nikah beda agama, buku ini merupakan karya kemanusiaan yang luar biasa. Inilah buku yang
 secara mendalam mengulas argumentasi :teologi, hukum, panduan spiritual mengelola makhligai rumah tangga nikah beda agama. Isinya benar-benar panduan dalam banyak aspek dan dimensi.
Kekuatan buku ini terutama terletak pada penulisnya, Muhammad Monib dan Ahmad Nucholish yang selama ini dikenal sebagai aktivis organisasi lintas agama sehingga visi pluralisme agama keduanya tidak diragukan lagi. Visi pluralisme ini amat penting ketika melihat isu nikah beda agama dalam masyarakat Indonesia yang amat pluralistik. Selain itu, kedua penulisnya sama-sama memiliki pengalaman panjang dalam upaya advokasi nikah beda agama secara langsung di lembaga masing-masing. Pengalaman nyata itulah yang membuat materi tulisan ini memiliki kekuatan empirik yang memukau dan memaksa pembaca harus mengambil sikap. Tambahan lagi, Ahmad Nurcholish, salah satu penulis adalah pelaku nikah beda agama sehingga dengan membaca tulisannya, pembaca diajak merasakan langsung pengalaman nikah beda agama dengan seluruh dinamikanya.
Kekuatan lain dari buku ini terletak pada isinya yang merentang luas di atas cakrawala dan menggali lebih jauh berbagai ceruk yang selama ini tak terpikirkan dalam pernikahan beda agama. Mulai dari persoalan teologis, persiapan teknis pra nikah, paparan filosofis tentang bagaimana seharusnya memaknai agama dan pernikahan itu sendiri. Setelah itu, ada penjelasan bagaimana mewujudkan keluarga bahagia dalam perkawinan, lalu bagaimana memahami berbagai kebijakan pemerintah dan negara yang begitu diskriminatif terhadap mereka yang memilih nikah beda agama. Kemudian masuk kepada penjelasan berbagai persoalan teknis dalam nikah beda agama dan menjelaskan detil rincian pelaksanaannya, seperti rukun dan syarat, urusan wali, saksi dan mahar, bahkan detil tata cara ijab-kabul. Tak ketinggalan pesan dan tips bagaimana menghadapi orang tua yang tidak setuju dengan nikah beda agama. Bukan hanya itu, isi buku ini juga merambah kepada penjelasan bagaimana tugas dan tanggung jawab suami yang sangat diwarnai oleh ide kesetaraan dan keadilan gender. Bahkan, masih ditambah dengan uraian prinsip spiritual dan berbagai problem pasca pernikahan, termasuk problem spesifik yang biasa dialami pasangan nikah beda agama, seperti persoalan split of personality anak dan munculnya kerinduan akan kesamaan aqidah. Tidak keliru jika disimpulkan bahwa ulasan buku ini sangat sempurna, menyentuh semua hal: baik yang selama ini sudah terpikirkan oleh mereka yang ingin nikah beda agama, maupun hal-hal yang tak terpikirkan sebelumnya.
---

Tulis review

Nama Anda:


Review Anda: Note: HTML tidak diterjemahkan!

Rating: Jelek            Bagus

Masukkan kode verifikasi berikut:



Taman Litera © 2018 | Designed By Hekimabi